Sab. Jan 28th, 2023
    Manfaat buah zaitun

    Zaitun adalah buah kecil yang tumbuh di pohon zaitun (Olea europaea). Zaitun termasuk dalam kelompok buah yang dikenal sebagai buah berbiji atau buah batu, dan terkait erat dengan mangga, ceri, persik, almond, dan pistachio. Manfaat buah zaitun sangatlah banyak terutama karena kaya akan vitamin E dan antioksidan kuat lainnya.

    Berbagai Manfaat Buah Zaitun

    • Mengandung Antioksidan

    Manfaat buah zaitun yang pertama terdapat pada kandungan antioksidannya. Antioksidan dalam makanan telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Manfaat buah zaitun adalah kaya akan antioksidan, yang dapat melawan peradangan dan mengurangi pertumbuhan mikroba. Makan buah zaitun secara signifikan meningkatkan jumlah glutathione dalam darah, salah satu antioksidan paling kuat dalam tubuh.

    • Meningkatkan Kesehatan Jantung

    Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi adalah dua faktor risiko penyakit jantung. Untungnya, asam oleat, asam lemak utama dalam buah zaitun, telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Ini dapat mengatur kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi. Selain itu, beberapa penelitian juga telah mendokumentasikan manfaat buah zaitun dan minyak zaitun dalam menurunkan tekanan darah.

    • Meningkatkan Kesehatan Tulang

    Manfaat buah zaitun selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan tulang kita. Osteoporosis ditandai dengan penurunan massa tulang dan kualitas tulang. Akibatnya, kondisi ini dapat meningkatkan risiko patah tulang. Senyawa tanaman tertentu yang ditemukan dalam zaitun dan minyak zaitun juga telah terbukti membantu mencegah keropos tulang dalam penelitian pada hewan.

    Sedangkan penelitian pada manusia masih harus dikembangkan lebih lanjut. Namun, hingga saat ini, penelitian pada hewan dan data yang menghubungkan manfaat zaitun untuk mengurangi tingkat patah tulang cukup menjanjikan.

    • Mencegah Kanker

    Zaitun dan minyak zaitun umumnya dikonsumsi di wilayah Mediterania, di mana tingkat kanker dan penyakit kronis lainnya lebih rendah daripada di negara-negara Barat lainnya. Sehingga manfaat buah zaitun dapat membantu mengurangi resiko kanker.

    Ini sebagian besar dapat dikaitkan dengan kandungan asam oleat dan antioksidannya yang tinggi. Makanan kaya antioksidan seperti zaitun juga dapat mengurangi risiko terkena kanker tertentu, baik dengan melindungi DNA sel dengan menghentikan pertumbuhan tumor atau dengan mengurangi stres oksidatif.

    • Menurunkan Gula Darah

    Secara khusus, minyak zaitun extra virgin dapat menurunkan gula darah dua jam setelah makan dengan membantu kerja insulin. Asam oleat di dalamnya serta polifenol juga dapat membantu. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan dapat mengurangi risiko diabetes tipe II.

    Inilah beberapa manfaat minyak zaitun dan zaitun. Tentunya masih ada banyak manfaat lainnya dari zaitun untuk tubuh. konsumsi rutin tentunya bisa memberikan manfaat yang maksimal. Anda juga dapat mengunjungi Orami.co.id dan temukan kumpulan artikel gizi yang bermanfaat.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *